Home

Install LibreOffice di Linux Ubuntu

Assalamualaikum ... Teman taman apa kabar, maaf dah lama nggak posting artikel, sebagai penghangat kali ini ubuntuguide akan memberi tips buat temen temen yang baru menggunakan Linux Ubuntu dan pengen install baru atau upgrade aplikasi office dengan LibreOffice yang versi baru.

Ok langsung aja ya kita mulai caranya, pertama kita download Libreoffice nya dulu dari situs libreoffice dan kita download aplikasinya, sesuaikan dengan versi ubuntu yang kita punya misal 32bit atau 64bit.

Selanjutnya setelah kita selesai download langkah berikutnya kita extract dulu program yang kita download yang masih dalam format Libreoffice.tar.gz dengan cara klik kanan di file nya lalu extract here.

Langkah berikutnya buka terminal, dan arahkan ke tempat di mana locasi program yang tadi kita extract misal:

$cd /home/user/Libreoffice/DEBS

Langkah selanjutnya adalah instalasi libreoffice nya caranya seperti ini:

$sudo dpkg -i *.deb lalau enter

Dan tunggu sampai proses install di terminal selesai, setelah selesai temen temen bisa cek di menu kalau sudah muncul list aplikasi LibreOffice dan versinya sesuai yang kita install berarti sudah berhasil.

Lalu gimana caranya kalau misal di ubuntu kita masih ada yang versi lama bawaan dari ubuntu? Cara sama aja yang membedakan kita harus unistall dulu yang versi lama denga cara sama pake terminal.


$sudo apt-get purge libreoffice* lalau enter


Jika prisess uninstall sudah selesai baru kita jalankan install ulang Libreoffice yang versi baru caranya sama seperti yang di atas.


$sudo dpkg -i *.deb lalu enter


Ok teman teman sampai di sini cara install LibreOffice sudah selesai, dan selamat mencoba semoga membantu.

Salam,
Agus Wahyudi

No comments:

Post a Comment